MPC Pemuda Pancasila Humbahas Peringati Hari Lahirnya Pancasila

MPC Pemuda Pancasila Humbahas Peringati Hari Lahirnya Pancasila

topmetro.news – MPC Pemuda Pancasila Humbahas memperingati Hari Lahirnya Pancasila yang ke-76 (1 Juni) di Sekretariat MPC PP Humbahas Jalan Merdeka Desa Pasaribu Kecamatan Doloksanggul, Humbahas Selasa(1/6/2021).

Ketua MPC Pemuda Pancasila Humbahas Parulian Simamora, dalam sambutannya mengatakan, bahwa Pemuda Pancasila akan selalu berperan untuk negara.

Ia mengungkapkan, bahwa Pemuda Pancasila adalah sebuah organisasi paramiliter Indonesia yang berdiri oleh Jenderal Abdul Haris Nasution pada 28 Oktober 1959. Kemudian sejak tahun 1981 dipimpin oleh Japto Soerjosoemarno.

“Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila ke-76 tahun 2021 ini, Pemuda Pancasila harus mengambil peran untuk mendorong agar dapat menumbuhkan semangat untuk bersatu. Agar negara kita menjadi kuat dan besar,” kata Parulian Simamora.

Untuk memahami latar belakang berdirinya Pemuda Pancasila lebih jauh, tambah Parulian Simamora, harus mundur ke pertengahan 1950-an. Kala itu Nasution masih aktif berpolitik. Partai yang ia dirikan, Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI) mengikuti Pemilu 1955. Nasution mendirikan IPKI bersama Kolonel Gatot Subroto dan Kolonel Azis Saleh.

“Betapa gigihnya pahlawan kita untuk mempertahankan Ideologi Pancasila,” katanya.

Semangat dan Roh Pancasila

Karena itu, pihaknya mengajak semua komponen yang ada di Kabupaten Humbahas untuk mengingat rangkaian besar proses lahirnya Pancasila. “Kita dalami semangatnya. Kita pahami rohnya,” ujarnya bersemangat.

Tugas kita saat ini, kata Parulian, untuk memastikan Pancasila masih ada di sudut pikiran, hati dan lingkungan kita. Karena Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaaan dan menjadi pondasi di Bangsa Indonesia yang berdaulat, adil dan makmur.

Ketua MPC Pemuda Pancasila Humbahas mengatakan, di tengah wabah Covid-19 ini, pihaknya menggelar kegiatan dengan sederhana. Menurutnya, kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian antar sesama dalam memaknai hari lahirnya Pancasila. Sekaligus mengimplementasikan nilai-nilainya dalam kegiatan sosial.

Kegiatan itu mereka laksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Selain wajib jaga jarak, peserta yang hadir juga harus menggunakan masker dan cuci tangan menggunakan hand sanitizer.

“Semoga kegiatan-kegiatan positif yang telah kami lakukan ini, mulai dari tingkat ranting, pimpinan anak cabang dan MPC, dalam rangka menyambut perayaan hari lahirnya Pancasila ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya mengakhiri.

reporter | AfG

Related posts

Leave a Comment